romantism – progresif revolutionare

21 06 2007

dari result tulisan rully_said

Hari ini adalah hasil apa yang kita tanam kemarin. Dan esok merupakan hasil dari yang telah  kita lakukan hari ini. Saat kebajikan dan kekhilafan beriringan, waktu  kan memberi jawab pada segala upaya yang terlaksana. Sesalpun tiada guna bila tanpa keinginan tuk berbenah.

Perjalanan hidup sebelumnya tentu merupakan guru, tuk terus lebih bijak  dalam menjalani kehidupan selanjutnya. Namun berhati-hati melangkah bukan berarti pagar yang menghalangi keberanian untuk mengambil suatu keputusan.

Adalah maaf yang kuhatur atas segala khilaf, dan tentu kesempatan agar dapat benahi diri.

Waktuku…. inginku adalah membalas semua nikmat dan kebajikan yang telah kuraih.

Comments yoyo June 21, 2007 09:43 AM

/* Hari ini adalah hasil apa yang kita tanam kemarin. Dan esok merupakan hasil dari yang telah kita lakukan hari ini. */ ..
menurutku benar banget , adalah sebah kejadian dari hasil dealektika waktu terhadap sebab dan akibat. Hari kemarin adalah sejarah apa bila kita berbicara dalam hari ini, hari kemaren adalah bagian sebuah romantisme. hasil yang kita akan kita dapat hari esok merupakan merupakan mareterialisasi dari rencana yang kita susun dengan menggunakan referensi hari kemarin dan sekarang, itulah romantisme dalam benak saya. Visi Romantisme yang Progresif dan revolusioner. Hebat banget kamu bisa sekali ngomong sedalem itu.
bicara tenteng pengalaman adalah area yang masih berada dalam wilayah Romantisme. tapi kalo boleh saya bicara sedikit, jangan terlalu befikir tentang hari kemarin dan hari esok. selalu berusaha dalam kerangka hari ini, mengalir seperti air dan akan ketemu hari esok begitu seterusnya, dengan demikian kita tidak akan menjadi orang yang abisius, ambisius adalah anak dari ego, ego adalah moyang dari kesombongan dan kecongkakan.

/* Waktuku…. inginku adalah membalas semua nikmat
dan kebajikan yang telah kuraih */ ..

setiap materi dan setiap ide, apapun_bentuknya, jika sudah melewati satu satuan waktu pastia akan menghasilkan sesuatu, apapun_bentuknya’.

heeheheh sori aku asal ngejeplak aja sich, but gwa udah berpartisipasi dalam blog mu :p …. bijimana menurut kalian? silakanposting di sini ata di rully_said





Berbicara tentang mimpi

18 06 2007

Mimpi gigi..

Posted by blogenny under Uncategorized

Sekitar 1 bulan yg lalu, gw ngimpi gigi seri atas yg tengah keropos n tinggal separuh. Trs gigi seri yg sebelah kiri atas keropos juga tapi udah dikiit lagi copot. Di mimpi itu, gw teken2 tuh gigi biar gak copot.
Paginya gw bangun, gw ceritalah ma orang rumah. Kalo menurut mitos, mau dapet musibah dari orang terdekat. Hiii…sereeemmm… Mo percaya apa enggak, kejadian kaya gini pernah terjadi dulu sebelum bapak gw meninggal. Gw ngimpi gigi geraham gw copot. Saat itu gw gak pikirin, pas udah kejadian, baru deh kepikiran.
Tuk ngimpi yg sekarang, ternyata juga kejadian. Musibah berturut2. Lagi dicoba olehNya. Dari mulai anak gw masuk RS gara2 DB dari Kamis ampe Senen, lanjut Selasanya gw masuk RS gara2 typhus sampe hari Jumat.. eehhh lanjut lagi hari Minggu pagi salah satu ponakan gw tersayang tabrakan mobil di Malaysia. Innalillahi… ada-ada aja. Gw cuma berdoa semoga kami semua diLindungi olehNya, diberi kesabaran n ketabahan.
Mau percaya atau nggak, gw sering dimimpiin yg aneh2, dari yg nyenengin ampe yg nyeremin kaya gitu. Tapi seringnya gw gak pikirin. Katanya sih, hal kaya gini jangan dijadiin sugesti.
Yah… wallahu alam… Kita serahin aja ama Yang Diatas..

===========================================================

yoyosw Says:
May 31st, 2007 at 2:54 pm

Mimpi apa artinya yach ?
banyak orang bilang Mimpi adalah bunga tidur..
ada yang bilang sebagai wangsit, firasat dan pertanda…
apapun namanya itu …
yang jelas kalo saya pribadi ..
saya ga pernah mendialektikakan mimpi sampai seserius itu ..
bukan juga menyepelekan atau tidak menikmati mimpi …
satu hal yang saya suka dari mimpi adalah ….
dalam mimpi mimpi saya banyak hal haram yang bisa saya lakukan disana ….
misalnya …
aku pernah mimpi lagi memproduksi heroin sebanyak 10 TOn ….
itu gara gara aku liat berita di tivi soal kasus sabu sahu yang tertangkap 1 ton di Teluknaga Tangerang….
Aku pernah mimpi basah gara gara abis nonton Blue Film, aku pernah mimpi pergi Ke Plo Moyo gara gara aku habis nonton Jejak Petualang cos gwa ngefan banget ama Riani jangkaru.
sementara ini aku menyimpulkan bahwa mimpi adalah alam bawah sadar kita, mungkin berupa keinginan yang belum tersampaikan , bisa juga karena terlalu banyak memikirkan sebuah kasus tertentu hingga terbawa mimpi …..
biasa juga karena ketakutan kita terhadap sesuatu dan otak kita masih merespon sebagai sebuah realita.
heheeh dengan demikian aku bisa menciptakan mimpi gwa sendiri ….
malam ini gwa pingin mimpi apa yach ?
Turut menyesal atas mimpi mu Tan …..

[:IT-em:]

kawan kawna silakan berkomentar di sini atau di : blogenny





Berbicara tentang Pikiran

18 06 2007

Fin menulis dalam bolgnya  :

PIKIRAN

Mei 25th, 2007 by finseptian

Pikiran, manusia selalu menggunakan pikiran. Menganalisa,medeskripsikan, mengkalkulasi, menerjemahkan, Mendefinisikan, menggunakan pikiran, dengan acuan referensi yang didapat set back pengalaman hidupnya dan di bawah sadarnya,yang berdasarkan waktu. Apakah dapat menemukan semua kebenaran?
Pikiran sulit untuk melepaskan analogi,kalkulasi,untung rugi konvensional,yang membuat pandangan menjadi sempit, terkungkung oleh referensi, bagai katak dalam tepurung,terkungkung dalam waktu.
Yang jadi pertanyaan bagaimana melampaui Pikiran?
===========================================================
yoyosw Says:
Juni 8th, 2007 at 10:27 am

(Reply) PIKIRAN
#PRE
Wah wah wah menurut ku ini adalah sebuah tema yang menarik ….
oke aku juga numpang beken di blognya orang beken nich …
bicara masalah PIKIRAN….
menurtku PIkiran adalah buah dari Pola FIkir, dan pola fikir sendiri mempunya latar belakang yang berbeda beda, kalo boleh saya balik menjadi seperti ini , Latar Belakan Manusia >> Pola Fikir >> Pikiran
maksud saya begini banyak hal yang melatar belakangi pOLA pIKIR MANUSIA, misalnya : KECERDASAN, MATA PENCAHARIAN, LINGKUNGAN, KELUARGA,ISME, DOGMA dll ….. yang akan terbungkus dalam TINGKAT KESADARAN, sebagai uraian saya contohkan pada MATA PENCAHARIAN, Pola berfikir seorang Pengusaha akan jauh berbeda bila dibanding dengan Pola berfikir seorang Buruh, Pengusaha selalu menghasilkan pikiran yang sebisamungkin meminimalkan gaji untuk Buruh buruhnya, sedangkan Buruh selalu menghasilkan pikiran yang sebisa mingkin bisa mendapat penghasilan yang lebih besar. dalam hal kecil ini saja sangat rawan terhadap potensi Chaos ( kekacauan ). oleh sebab itu lah banyak orang bilang KEKACAUAN atau KEHARMONISAN dalah Dunia ini adalah buah karya dari PIKIRAN.
dalam sisi lain di dunia Metrialisme, ….
justru aka terbalik bola pikirnya bahwa kekacauan atau keharmonisan itu akan menghasilkan pikiran misalnya pikiran untuk menanggulangi Chaos itu sendiri. Lebih jelasnya dalam contoh sederhana, Di Belanda, kondisi alam yang potenasi BANJIR BANDANG OLEH AIR LAUT ( Materi ) menghasilkan pikiran untuk menbuat BENDUNGAN RAKSASA ( Pikiran )
jelas nya PIKIRAN >> MATERI; MATERI >> PIKIRAN
#PERDEBATAN ANTARA PIKIRAN MATERI
sering terjadi perdebatan ( menurutku adalah debat kusir ) antara mana yang manjadi sebab dan mana yang nenjadi akibat, apakah PIKIRAN menjadi sebab dari KEKACAUAN atau KEKACAUAN yang menghasilkan PIKIRAN? dalam otak kiri saya menggambarkan seperti ini:
Karena pikirian sang Pengusaha ingin penghasilannya banyak, maka pengusaha berPikir untuk menekan gaji Buruh, begitu sebaliknya Karena Gaji buruh ditekan, begitu Maka Buruh berfikir untuk membentuk Serikat Buruh dan Pekerja. dalam hal ini susah untuk diperdenatkan, seperti AYAM dan TELUR, dan menurutku adalah siklis yang yang tak berujung, dalam setiap sikils manghasilkan Kepentingan dan SURGAnya NERAKA.
kita harus berhati hati dengan PIKIRAN dan MATERI, semuanya harus terbungkus dalam KESADARAN PENUH. Berkontemplasi, bermeditasi dan bersembahyanglah, untuk dapat melampaui PIKIRAN dan MATERI maka Jadilah Raja yang Paling Berbahagia
:: SoD ::

kawan kawan yang lain silakan berkomentar juga boleh di sini atau di :  finseptian





Muraqaba

9 06 2007

Pelatihan Spiritual Melalui Muraqaba

(Mawlana Syaikh Hisyam kabbani ar-Rabbani)

 

Bismillah hirRohman nirRohim
Ada 3 jalan dimana para murid dapat meraih pengetahuan mengenaiSpiritualitas, yaitu sebagai berikut :
1.Muraqobah ( Perenungan/kontemplasi)
Pada keadaan kontemplasi, si murid melupakan mahluk dan hanya mengingat Sang Khalik saja. Rasulullah saw bersabda,¡¨ Satu jam kontemplasi / merenungmeditasi / muraqaba lebih baik dari 70 tahun beribadah.
2.Musyahada ( Penglihatan / Penyaksian)
Dalam keadaan penglihatan, ilham dari Yang Ghaib mendatangi hati sang pencari dengan disertai 2 keadaan : penciutan dan pengembangan.Pada keadaan penciutan,penglihatan adalah tentang ke Maha Kuasaan dan pada keadaan pengembangan,penglihatan adalah tentang KeMAHA Indahan.
3.Muhasabah ( Penghitungan )
Pada keadaan penghitungan si Pencari mengevaluasi setiap jam yang telah lewat,apakah ia berada seluruhnya bersama Allah ataukah berada seluruhnya bersama dunia.Dalam kebiasaan kita saat Khatm Khwajagan kita melakukan Rabithah,artinya kita menenggelamkan kalbu kedalam hubungan spiritual dengan para Mursyid Naqsbandy . Langkah rabithah seperti ini yang akan embawa dan mengarahkan kita kepada Muraqaba.

Muraqaba adalah suatu istilah yang berkaitan dengan Ihsan, ketika kita
beribadah kepada Allah seakan-akan kita melihat Dia.Dan walaupun kita tak mampu melihat Dia, Dia pasti melihat kita.Ini adalah bentuk pelatihan untuk menjadi ihsan.Muraqaba berasal dari kata Raqaba/raqib, kesadaran bahwa kita diamati olehNya. Muraqaba adalah cara yang particular untuk melatih kalbu

Muraqaba seorang hamba berasal dari Atribut al Raqib atau “Dia Yang Memiliki Penglihatan atas Segala Sesuatu dengan Segala Yang Dia Miliki”.Cobalah berimajinasi bahwa Allah bersama kita,langkah lebih awal adalah membayangkan Rasululah saw selalu bersama kalian, tetapi inipun sulit, karena jarang sekali kita manusia biasa membayangkan pernah bermimpi atau bertemu Rasulullah, yang termudah adalah membayangkan Awliya,seseorang yang memang sudah berada di jalur Rasulullah saw , sehingga akan lebih mudah bagi kita membayangkan ursyid kita untuk ber Muraqaba.

Apa yang kita laksanakan dalam Muraqaba :
1. Mandilah dan bersuci dari segala hadats besar. Segala sesuatu harus dibersihkan,lahir dan batin harus suci, karena Muraqaba adalah salah satu langkah penyucian kalbu (Tazkiyatun Nafs)
2. Berpakaian serba putih dan duduk dengan khusuk, duduk dengan rileks dan jangan tegang.Biarkan tubuh kalian jatuh, ini adalah bagian dari mengosongkan segala atribut keduniaan.
3. Lakukan khususnya dimalam hari agar lebih khusyu, duduklah dalam kesunyian dan kegelapan. Salah satu cara yang paling efektif ketika duduk adalah tidak bergerak samasekali.
4. Lepaskan segala pikiran, kosongkan diri dari berbagai keburukan diri,lalu ingatlah akan guru2 kita, bahwa Syaikh mampu melihat kita, sementara kalbu terus berkata,” Ya Maulana..Ya Maulana” Ketika Maulana yang kita cintai telah bervibrasi dalam kalbu kita,pada saat itulah kalian sudah dalam kondisi Muraqaba.
5. Kemudian berkatalah dalam kalbu didalam kehadiran Maulana,Rasulullah saw dan Allah swt, ” Engkau bersamaku sepanjang hari, tetapi akulah yang tidak bersamaMu, sekarang aku mencoba meninggalkan segalanya demi kesungguhanku untuk bersamaMu, karena diriku tak mampu bersamaMu dalam keadaan aku bersama atribut keduniaan”

6.Kemudian setelah kalian dapat bernafas dengan tenang , ucapkan disetiap nafas itu,  ,”Allah, Allah, Allah, Allah, Allah” . Wa min Allah at Taufiq, bi hurmatil Habib bihurmatil  Faatiha.





Tuhan

2 06 2007

MUngkin tulisan ini akan panjang, semua hanya berupa explorasi dari apa yang berada dalam benak saya, Bukan sebuah Siar Agama dan juga bukan sebuah Ilmu yang harus dianut. anggap saja saya adalah anak kecil yang sedang bercerita dengan kepolosan hati dan rasa ingin dicintai oleh Tuhan. Tapi tetep pada semangat dalam pencarian sebuah arti dan jati diri. mari kita mulai …..

TUhan, what is the meaning o Tuhan? mengapa harus membahas Tuhan? Kalo gwa sich buat iseng ajakali yach ? Apakah tuhan hanya cukup kita Imani ? semua adalah terserah kalian. akan tetepi ketika membicarakan Tuhan, yang saya rasakan adalah Zat Abadi dan Supernatural, maha segala galanya, biasanya dikatakan Zat yang mengawasi dan memerintah Manusia dan alam semesta atau jagat raya. Hal ini bisa juga digunakan untuk merujuk kepada beberapa konsep-konsep yang mirip dengan ini misalkan sebuah bentuk energi atau kesadaran yang merasuki seluruh alam semesta, di mana keberadaan-Nya membuat alam semesta ada; sumber segala yang ada; Kebajikan yang terbaik dan tertinggi dalam semua makhluk hidup; atau apapun yang tak bisa dimengerti atau dijelaskan. Bah…. Apapun namanya Tuhan tetaplah Tuhan, tidah akan ada yang bisa menyamai keberadaan TUhan, Tuhan tidak akan bertambah besar dengan manusia menyembahnya, Tuhan tidak akan pernah menjadi Kecil walo tidak ada yang menyembahnya. Tuhan juga sebuah Zat yang Konstan dan tidak terpengaruh dengan apapun yang ada dalam jagat raya ini. Tuhan adalah yang pertama dan tidak akan pernah berakhir dalam siklis kehidupan apapun. Dalam beberapa buku filsafat tentang Tuhan, bahwa existstensi Tuhan adalah Absolut ( Mutlak dan bukan Relatif ) secara konsisten tidak bisa dibantah kebenarannya. Tuhan adlah distinct dan Unique tidak ada satupun yang menyamainya, Tidak lebih dari satu, Tuhan adalah Maha Esa tidak satupun yang bisa menduakannya. Munkin itu yang mendasari paham Monoteisme ( paham yang mempercayai bahwa Tuhan adalah Satu. Maih ada yang mendampingi Monoteisme yaitu Polyteisme ( Paham yang mempercayai bahawa Tuhan adalah Lebih dari satu ), Atheisme ( Paham yang mempercayai tidak adanya Tuhan ), Pantheisme ( Paham yang mempercayai bahwa Tuhan hanya satu tapi ada dimana mana ), Btw ada apa sich dengan paham paham itu ? Tentu Tuhan tidak lah sesederhana yang saya tuliskan diatas.

Tuhan Dalam Tradisi Agama :

Tuhan dinamakan dengan mana yang berneda beda sesuai dengan ajaran agama masing masing ( diambil dari berbagai SUmber ) :

  • Allah – Islam >>> 99 Asma Allah .
  • Yehowa atau Yahwe – salah satu istilah yang dipakai Alkitab. Istilah ini berasal dari istilah ber-bahasa Ibrani YHVH (יהוה). Nama ini tidak pernah dilafalkan karena dianggap sangat suci. Biasanya yang dilafalkan adalah Adonai. Karena huruf Ibrani gundul, maka cara pengucapan YHVH yang benar tidaklah diketahui.
  • Sang Hyang Tri Tunggal Mahasuci yang artinya adalah Bapa, Putra, dan Roh Kudus, terutama dipakai dalam Gereja Katolik dan Gereja Ortodoks. Konsep ini dipakai sejak Konsili Nicea pada tahun 325 M.

Tuhan Maha segala galanya





Akankah kita tetap akan menyembahNya?

2 06 2007

saya mulai dengan sebuah ilustrasi ….

Pada sebuah seremonial keagamaa di sebuah wilayah sebut saja Daerah X, terdapat puluhan orang sedang melakukan sembahyang, dan kemudian disusul dengan Pujian dan Dzikir. Dengan ribuan Pujian kepada Tuhan , dan ribuan kalimat kalimat Dzikir yang diucapakan ribuan kali pula. ditengah tengah seremonial itu turunlah malaikat yang diutus oleh TUhan untuk menyampaikan Ilhamnya kepada para Jemaah yang sedang melakukan Dzikir tersebut. Melaikat menyampaikan kepada para jemaat bahwa sebanyak banyakknya para jemaat tersebut menyembah , memuji dan berdzikir tidak akan membuat para jemaat tesebut masuk surga, malah justru sebaliknya siksa neraka akan menunggu nya. Akhirnya para Jemaat tersebut berhenti karena terkejut dengan ucapan sang malikat, terjadilah diskusi kecil diantara mereka yang kemudian mengerucut kepada 2 opsi besar. Secar otomatis mereka trbagi pula menjadi dua kelompok besar.

Kelompok pertama adalah kelompok yang ingin menghentika kegian Sembahyang , Puji pujian dan Dzikir tersebut, dengan alasan seperti ini “Buat apa kita bersembahyang memuji dan mengingat Tuhan kalo akhirnya kita akan masuk neraka juga? , lebih baik kita memuaskan hidup di dunia ini, dan akan kita lakukan semua perbuatan sesuai dengan kehendak kita”.

Kelompok ke dua adalah kelompok yang tetep ingin melanjutkan kegiatan tersebut walaupun mereka masuk neraka juga, dengan semagat tidak pernah akan peduli akan masuk surga atu neraka yang penting mereka akan tetap melakukan SEmbahyang dan tetep berdzikir, dan berkomitmen akan menghabiskan hidupnya untuk tetap berdzikir dan menyembahNya.

Jika kalian berada dalam Jemaat tersebut , kelompok mana yang kan kalian pilih, segala pilihan ada ditangan kalian, tidak ada paksaan sedikitpun, tidak ada provokasi dari manapun, silahkan kalian merenungkan sendiri. Semoga kalian tidak salah memilih…..

“Melihat tidak dibingungkan oleh warna” hanya pesan itu yang akan saya sampaikan.





Berdoa kepadaMu

30 05 2007

Berdoa….

Memanjatkan permohonan kepada sang Khalik …

Tanpa berpamrih untuk di kabulkan …..

Hanya berpasrah kepadaNya dan berkayakinan bahwa Tuhan Maha Pemurah , Pemberi, Pengasih, Penyayang.dan Maha segala galanya. Tiada satu zatpun yang dapat menduakanNya.

Selamanya Tuahan akan tetap satu…..

Berdoa…..

Saat itulah kita akan merasakan menyatu dengan Tuhan kita….

 

Ya Tuhan …..

Aku manusia yang selalu takut atas MurkaMu……

Anugrahkan kepadaku hati yang senantiasa mencintai Mu….

Ya Tuhan…..

Aku bukanlah manusia yang pantas mendapatka surgaMu…

Anugrahkan kepadaku hati yang selalu mengajakku untuk menyembahMu

Amiiiiinnn……